Rabu, 15 Februari 2012

Minsel Dapat Dana PNPM Mandiri 2012 Rp 11 Miliar

Terkait berita berikut ini:

Minsel Dapat Dana PNPM Mandiri 2012 Rp 11 Miliar

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG - Satuan kerja program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM) Mandiri mendatangi badan pemberadayaan Masyarakat Desa (BPMD) Minsel, Jumat (10/2/2012).

Kedatangan Satker yaitu Benny Irwan yang menjabat sebagai Ketua Bidang Koordinasi Kelembagaan Program Pendukung Monev Satker PNPM Mandiri Pedesaan Direktorat Jenderal PMD Kemendagri. bersama dua orang stafnya, diterima oleh Asisten I Pemkab Minsel Danny Rindengan, Kepala Pasar Wempie Mononimbar, dan Kepala BPMD Ollyvia Lumi.

Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan monitor dan evaluasi terhadap pelaksanaan PNPM Mandiri pedesaan tahun 2011."Penganggaran dana tahun 2011 dan penyusunan anggaran dan tahun 2012, ternyata tahun 2011 semuanya berjalan benar dan terpenuhi semuanya," ujar Benny.

Ia menambahkan, ini merupakan lompatan yang tinggi untuk pelaksanaan PNPM Mandiri khususny di Minsel."Sehingga tahun 2012 sudah bisa direalisasikan, untuk pelaksanaan PNPM di tiap desa," ujarnya.

Tahun 2012, Minahasa Selatan mendapat dana PNPM dengan nilai yang cukup banyak."Untuk Minsel kecipratan sekitar Rp 11,1 miliar, ditambah dengan partisipasi daerah sebesar lima persen dari nilai tersebut, ini ada kenaikan sedikit dibanding tahun kemarin," jelasnya.

Sebab menurutnya, untuk menentukan pagu anggaran memiliki kriteria dan penilaian sendiri."Di antaranya berupa baik atau buruknya pelaksanaan program PNPM tersebut," ujar dia.

Ia menambahkan, memang dalam pelaksanaan PNPM Mandiri pasti memiliki kendala tersendiri, dan harus diselesaikan secara mandiri oleh masyarakat itu sendiri."Ada ribuan masalah, tapi penyelesaiannya merupakan pembelajaran untuk masyarakat, diselesaikan secara adat, kekeluargaan, atau kalau memang sudah tak bisa diatasi, bias dibawa sampai ke rana hukum," ujar dia. Namun sejauh ini, tidak ada ditemuinya masalah yang berarti dalam pelaksanaan PNPM.

Diharapkan, dengan dilanjutkannya program PNPM Mandiri, masyarakat bisa benar-benmar jadi mandiri dan sejahtera. (amg)

Kami ajak masyarakat Minsel untuk memantau, mengontrol dan melaporkan kegiatan PNPM di desa masing-masing. Apakah sesuai dengan harapan???



Tidak ada komentar: