Jumat, 06 April 2012

WARGA MISKIN DI MINSEL ADA 20 RIBU !!!

Soal 20 ribu warga miskin
Pemerintah Jangan Diam !


Amurang, KOMENTAR
Ekspos data BPS dimana menyebutkan di Minsel kini mengoleksi 20 ribu warga miskin (10,73 persen), jangan didiamkan pemerintah. Bila didiamkan tanpa segera di-ambil terobosan konkrit, di-pastikan angka di atas bakal bertambah lagi. Demikian di-katakan Anton Paat, generasi muda asal Minsela yang duduk di salah satu perguruan tinggi di Kota Manado.
“Jelas situasi ini menandakan bahwa pemerintah daerah ter-lalu dininabobokan dengan upaya lobi-lobi urusan-urusan tertentu. Padahal mereka (pe-merintah) tidak sadar bahwa ada ribuan warga miskin yang selama ini belum tersentuh program pembangunan yang langsung menyentuh. Lihat saja faktanya, ternyata di Minsel ma-sih ada 20 ribuan warga miskin. Harusnya pemerintah jangan hanya diam,” tandas Paat, kepa-da koran ini kemarin (03/04).
Ia kemudian mengusulkan, kira-nya lobi-lobi bantuan jangan hanya terfokus pada jumlah miliaran, se-mentara tidak langsung bisa me-nyentuh kebutuhan rakyat miskin. Ingat, kata dia, warga miskin enggan menunggu lama lagi masuknya program pemberda-yaan yang bisa langsung me-reka rasakan. “Bukanya ber-harap program yang langsung menyentuh seketika diterima, namun minimal tidak harus membuat mereka menunggu bertahun-tahun baru bisa mera-sakan dampak bagi kesejah-teraan mereka,” katanya.
Diketahui, data ini dibenarkan Kadis Sosnakertrans Rolly Ka-ramoy. Ia pun mengakui jumlah tersebut dibandingkan dengan angka di propinsi yang hanya satu digit, tergolong besar untuk ukuran kabupaten/kota di Sulut. “Tapi itu kenyataan yang menjadi tantangan bagi kita un-tuk mendorong mereka keluar dari jurang kemiskinan. Dan hal ini memang tidak bisa ditutup-tutupi. Karenanya memang di-perlukan sinergitas untuk itu,” tukas Karamoy.(eky)



1 komentar:

Edwin Raintama mengatakan...

Jumlah penduduk Minsel menurut data yang dikeluarkan oleh BPS sebanyak 195.553 yang miskin ada 20.000 warga atau 10.73%.