Minggu, 12 Februari 2012

Dikpora Minahasa Bentuk Tim Khusus Pengawas BOS

Laporan Wartawan Tribun Manado Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO
- Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Minahasa, Dennie Rompas mengatakan, pihaknya akan membentuk tim khusus pengawas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Saat diwawancarai Tribun Manado, Sabtu (14/1/2012), Rompas menjelaskan, tim pengawas ini perlu dibentuk untuk mengawasi dan memeriksa realisasi penggunaan dana BOS oleh masing-masing sekolah penerima.

Dirinya menjelaskan, saat ini penyaluran dana BOS mengalami perobahan. Tahun ini, dana tersebut langsung disalurkan ke masing-masing sekolah dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulut. Menurutnya, dana tersebut tidak lagi melewati Dikpora Minahasa sehingga tidak ada lagi anggapan akan ada pemotongan.

"Dana BOS telah disalurkan pada masing-masing sekolah melalui Diknas Provinsi Sulut. Kami membentuk tim khusus untuk mengawasi dan memastikan dana dari pemerintah ini benar-benar digunakan untuk kegiatan belajar mengajar," ujarnya.

Rompas menjelaskan, total dana BOS untuk Minahasa tahun 2012 ini mencapai sekitar Rp 33 miliar. Dana ini disalurkan secara bertahap setiap triwulan. Setiap triwulan dana yang disalurkan sekitar Rp 7 miliar. Jumlah sekolah penerima dana BOS di Minahasa mencapai 447 sekolah yang terdiri dari 340 SD dan 107 SMP. Besaran dana BOS untuk masing-masing sekolah berfariasi, tergantung jumlah siswa disekolah tersebut.

"Dana ini harus digunakan semaksimal mungkin. Sekolah bisa saja menggunakan dana ini untuk biaya rehab, namun hanya pekerjaan kecil, misalnya memperbaiki kursi atau meja yang rusak. Namun dana ini lebih diutamakan untuk operasional kegiatan belajar mengajar agar sekolah tidak lagi menarik pungutan dari siswa," ujarnya. (luc)



Tidak ada komentar: